Cara Membuat Google Form

Cara Membuat Google Form 

bikinrame.com – Pada kesempatan kali ini admin ingin menjelaskan bagaimana cara membuat google form. Tapi sebelumnya kalian sudah mengerti belum yang dimaksud googe form ? apabila kalian belum mengetahuinya, alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu apa itu google form. Lalu setelah itu langsung saja kita bahas bagaimana cara membuat google form.

Google form itu adalah aplikasi administrasi survei yang termasuk dalam suite kantor Google Drive bersama dengan google dokumen, google sheets, dan google slides. Formulir juga menampilkan semua fitur berbagi yang ditemukan di dokumen, speadsheet, dan juga slide. Dengan google form kalian dapat mengelola pendaftaran acara, membuat polling quick count pendapat dengan cepat dan masih banyak lagi.

Tentunya dengan google form ini kalian juga dapat membuat dan menganalisis survei dengan benar di peramban seluler. Kalian juga dapat mendapatkan hasil instan saat mereka masuk. Kalian juga dapat meringkas hasil survei sekilas dengan diagram dan grafik.

Cara Membuat Google Form

Google form ini awalnya dimulai sebagai fitur google spread sheet di tahun 2008, dua tahun setelah peluncuran asli sheets. Kalian bisa menambahkan formulir ke spread sheet, memformatnya dalam lembar terpisah, dan melihat tanggapan formulir  yang sahabat buat di lembar lain.

Pada saat masa pandemi ini, google form juga sering digunakan untuk memberikan soal kepada para pelajar atau siswa siswi di Indonesia karena pemerintah sekarang ini sedang melakukan masa pembelajaran jarak jauh ( PJJ ) atau biasa disebut daring. Karena kemudahan akses, tentunya google form ini sangat berguna untuk melakukan presensi, memberikan soal pelajaran atau diskusi secara online.

Oke setelah mengetahui apa itu google form dan kegunaannya, sekarang langsung saja kita bahas bagaimana sih cara membuat google form ? Yuk simak tutorial dari admin di bawah ini :

  1. Untuk cara pertama pastikan kalian sudah mempunyai akun Google Mail atau biasa disebut akun Gmail.
  2. Setelah itu para sahabat sekalian akses situs google form yaitu https://docs.google.com/form/
  3. Lalu pilih template formulir yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. Bisa juga dengan klik tombol “+” dengan nama Blank dan background putih.
  4. Apabila kalian mengaksesnya dengan google drive, klik menu new di sudut kiri atas layar, lalu pilih more, setelah itu pilih google formulir. Di samping google formulir, arahkan ke panah kanan dan klik formulir kosong atau dari template.
  5. Jika kalian sudah memilih template yang akan kalian gunakan, atau sudah membuat template kosong, sahabat akan melihat kolom untitled form
  6. Klik kolom tersebut dan beri judul pada kuesioner yang akan kalian buat.
  7. Kemudian pada kolom form description, buat deskripsi yang jelas agar para pengunjung memahami maksud dari kuesioner yang akan kalian buat.
  8. Lalu buat pertanyaan yang sahabat inginkan dan pilih jenis pertanyaannya. Misalnya pilihan ganda ( Multiple Chois ) untuk jawaban Ya, Tidak, Mungkin atau Lainnya. Kalian juga bisa memilih jawaban singkat atau paragraf untuk jawaban yang membutuhkan deskripsi. Ada juga pilihan kotak centang ( Checkboxes ) dan Tarik – Turun ( Dropdown ).

Cara Membuat Google Form

Cara membuat pertanyaan atau menambah pertanyaan :

  1. Untuk membuat pertanyaan atau menambahnya tinggal klik tanda + di sisi bagian kanan.
  2. Kalian juga bisa membuat responden mengupload file seperti dokumen atau foto dengan menambahkan fitur – fitur yang tersedia di bagian kanan layar.
  3. Setelah membuat dan menyusun semua yang dibutuhkan, klik tombol kirim di sudut kanan atas, kemudian bagikan link google form yang sudah sahabat buat kepada responden yang dituju.

Untuk melihat hasil kuesioner atau formulir yang sudah dibuat, sahabat bisa lihat di bagian tanggapan di sebelah kanan bagian pertanyaan. Disitu kalian akan bisa melihat berapa banyak responden yang telah merespon.

Oke sahabat, mungkin cukup sekian tentang artikel cara membuat google form. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di bikinrame.com

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyimpan Video Dari Facebook

Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark

Xxnamexx Mean Full Jpg Video Bokeh Museum Trendsmap 2018 Asli Indonesia