Cara Memperbaiki HP Android Yang Tidak Menyala

Cara Memperbaiki HP Android Yang Tidak Menyala 

bikinrame.com – pada artikel kali ini admin ingin membahas sebuah kerusakan di perangkat ponsel yang kasusnya paling banyak di jumpai. Salah satu kerusakan pada perangkat ponsel atau hp android adalah tidak bisa menyala. Tentunya kesal bukan? Bisa saja perangkat ponsel atau hp android yang tidak bisa menyala ini adalah satu – satunya hp yang para sahabat sekalian miliki. Tenang saja sahabat, sesuai judul pada artikel kali ini admin  akan membagikan cara memperbaiki hp android yang tidak menyala.

Admin yakin masih banyak di antara kalian yang belum mengetahui penyebab hp android yang kalian gunakan tidak bisa menyala. Alhasil pasrah dan memilih untuk membawanya ke tukang service hp. Ya sebenarnya cara utama dan pastinya memiliki peluang berhasil yang tinggi memang membawanya ke tukang service sih, tapi bagaimana dengan biaya nya? Biasanya ada juga tukang service yang mematok harga tinggi, padahal penyebab dari kerusakan hanyalah masalah sepele.

Cara Memperbaiki HP Android Yang Tidak Menyala

Jadi selain cara untuk memperbaiki nya sendiri, ini juga merupakan tips untuk dapat dicoba terlebih dahulu di rumah sebelum memutuskan untuk pergi ke tukang service. Nah sebelum kita ke cara memperbaikinya, yuk kita lihat apa saja sih penyebab kerusakan pada hp android yang tidak bisa menyala ini :

  1. Masalah pada baterai sehingga tidak bisa menyimpan daya
  2. Tombol power mengalami kerusakan ( eror )
  3. IC hp Android mengalami kerusakan
  4. Hp jatuh ke dalam air sehingga membuat komponen hardware konsleting
  5. Mengalami hard brick atau soft brick
  6. Layar mengalami kerusakan ( biasanya pada bagian ini LCD yang menjadi kerusakan utama )

Oke sahabat, jadi itulah beberapa penyebab dari hp android yang mengalami kerusakan tidak bisa menyala. Nah untuk memperbaiki masalah yang tertera diatas juga harus di sesuaikan dengan penyebabnya ya. Maka dari itu admin akan jelaskan dan memberikan tutorial cara memperbaiki hp android tidak menyala. Kalian bisa mencobanya terlebih dahulu ya sebelum datang ke tempat service hp. Berikut adalah caranya :

  1. Cas terlebih dahulu HP android selama beberapa menit

cara memperbaiki hp android tidak menyala

Baterai adalah komponen utama pada hp android yang kita gunakan, maka dari itu untuk mencari penyebab kerusakan pertama silahkan untuk mencoba men-charger hp android terlebih dahulu selama beberapa menit, nah apabila icon baterai sudah muncul baru kalian bisa hidupkan hp dengan cara tekan lama tombol power. Apabila cara ini tidak berhasil, langsung saja ke cara kedua..

Cara Memperbaiki HP Android Yang Tidak Menyala

  1. Lepaskan baterai HP

Pada kasus ini yang menjadi masalah adalah boot sistem atau bootloap. Cara untuk mengatasinya adalah melepas baterai android atau mecabutnya, lalu tunggu dan diamkan beberapa saat agar tidak ada daya yang masuk ke hp. Setelah beberapa saat silahkan pasang lagi dan coba untuk dinyalakan.

Untuk hp android yang baterainya tidak bisa dicopot secara langsung atau menyatu maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan menekan dan tahan tombol power selama beberapa detik, maka ponsel android akan mati. Apabila cara ini masih tidak berhasil, coba lagi dengan cara ketiga..

  1. Melakukan factory reset

Cara yang ketiga ini terbukti ampuh apabila permasalahannya ada pada booting atau hanya eror pada aplikasi tertentu. Bagaimana cara factory riset apabila hp dalam keadaan mati? caranya cukup mudah, kalian tinggal menekan tombol power dan tombol volume + secara bersamaan sampai masuk ke menu sistem android. Pada menu tersebut kalian tinggal cari pilihan factory reset yang ada pada tampilan. Gunakan kombinasi tombol volume untuk menggeser pilihan atas dan bawah dan tombol power untuk memilih menu.

Nah sebelum masuk ke factory reset pastikan kartu sd card yang kalian miliki ini untuk dilepas terlebih dahulu agar file yang berada dalam kartu sd tidak ikut terhapus.

Bagaimana sahabat? Apakah ada yang berhasil? Apabila cara diatas gagal semua maka solusi tepat hanyalah membawanya ke tukang service ya. Oke mungkin cukup sekian pembahasan dari admin mengenai cara memperbaiki hp android yang tidak bisa menyala. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di bikinrame.com

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyimpan Video Dari Facebook

Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark

Xxnamexx Mean Full Jpg Video Bokeh Museum Trendsmap 2018 Asli Indonesia